STT Iman Jakarta —Sekolah Tinggi Teologi Iman Jakarta
Jl. Wijaya 1 No. 29-31, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12170 (021) 7203040 cs@sttiman.ac.id

Tesis


Petunjuk tesis

Tesis dibuat dengan sistematika sebagai berikut:

I. Bagian Awal terdiri dari:
a. Halaman sampul depan yang memuat: Judul tesis, maksud tesis, nama dan nomor mahasiswa, tahun penyelesaian tesis, lambang STT IMAN.
b. Halaman judul: berisi tulisan yang sama dengan halaman sampul depan, tetapi diketik diatas kertas putih/HVS.
c. Halaman Pengesahan: memuat tanda tangan para Pembimbing dan para penguji, dan tanggal ujian.
d. Halaman pernyataan berisi pernyataan bahwa tesis tidak merupakan jiplakan juga bukan dari karya orang lain.
e. Prakata: mengandung uraian singkat tentang maksud tesis, penjelasan, dan ucapan terima kasih. Dalam prakata tidak ada pembahasan hasil penelitian dan hal lain yang bersifat ilmiah.
f. Daftar isi: memuat urutan judul, sub judul, dan anak sub judul disertai dengan nomor halamannya.
g. Daftar table/gambar/lampiran: berisi urutan judul tabel/gambar/lampiran dan nomor halamannya. Kalau table/gambar/lampiran hanya ada beberapa saja, daftar ini tak perlu dibuat.
h. Intisari: ditulis dalam 2 bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, merupakan uraian singkat tetapi lengkap tentang tujuan penelitian, cara dan hasil penelitian. Karena itu, umumnya intisari terdiri atas 3 alinea dan panjangnya tidak lebih dari 2 halaman.

II. Bagian Utama terdiri dari:

1. Pengantar berisi:
a. Latar Belakang yang memuat perumusan masalah dan faedah yang dapat diharapkan. Perumusan masalah memuat penjelasan mengenai alasan-alasan mengapa masalah yang dikemukakan dalam tesis ini dipandang menarik, penting, perlu diteliti. Kecuali itu, juga diuraikan kedudukan masalah yang akan diteliti itu dalam lingkup permasalahan yang lebih luas.
b. Tujuan penelitian di sebutkan secara spesifik, apa tujuan yang hendak dicapai.

2. Tinjauan Pustaka
a. Tinjauan pustaka memuat uraian sistematis tentang hasil penelitian, teori dan pendapat ahli yang terdahulu, dan yang ada hubungannya dengan penelitian yang akan dilakukan. Dalam penyajian ini hendaknya ditunjukkan bahwa permasalahan yang akan diteliti belum terjawab atau belum terpecahkan penelitian yang akan dilakukan. Dalam penyajian ini hendaknya ditunjukkan bahwa permasalahan yang akan diteliti belum terjawab atau belum terpecahkan secara memuaskan. Fakta-fakta yang dikemukakan sejauh mungkin diambil dari sumber aslinya. Semua sumber yang dipakai harus disebutkan dengan mencantumkan nama penulis dan tahun penerbitan.
b. Landasan teori yang dijabarkan dari tinjauan pustaka dan disusun sendiri oleh mahasiswa sebagai tuntunan untuk memecahkan masalah yang dikemukakan dan untuk merumuskan hipotesis. Landasan teori dapat berbentuk uraian kualitatif, model matematis atau persamaan yang langsung berkaitan dengan bidang ilmu yang diteliti.
c. Hipotesis berisi uraian singkat yang dijabarkan dari landasan teori atau tinjauan pustaka, dan merupakan jawaban sementara terhadap masalah yang dihadapi, dan masih harus dibuktikan kebenarannya.
d. Rencana penelitian merupakan jembatan penghubung antara hipotesis dengan cara penelitian, dan mengandung uraian singkat tentang langkah langkah yang akan diambil untuk membuktikan kebenaran hipotesis. Rancangan penelitian, variable yang akan dipelajari dan perkiraan kisaran nilainya diuraikan dengan jelas.

3. Cara Penelitian
a. Bahan atau materi penelitian harus dinyatakan spesifikasinya selengkap lengkapnya.
b. Alat yang dipergunakan untuk melaksanakan penelitian diuraikan dengan jelas.
c. Jalan penelitian berupa uraian yang lengkap dan rinci tentang langkah langkah pelaksanaan penelitian, termasuk mengumpulkan data dan jenisnya.
d. Kesulitan-kesulitan yang timbul selama penelitian dan cara pemecahannya perlu sekali dikemukakan, agar peneliti selanjutnya di bidang sejenis terhindar dari hal-hal yang tidak menyenangkan.

4. Hasil penelitian dan pembahasan
a. Hasil penelitian sedapat-dapatnya disajikan dalam bentuk daftar (table), grafik, atau bentuk lain dan disertai pembahasannya.
b. Pembahasan tentang hasil penelitian berupa penjelasan teoritik baik secara kualitatif, kuantitatif atau secara statistis. Sebaiknya hasil penelitian juga dibandingkan dengan hasil penelitian terdahulu yang sejenis.

5. Kesimpulan
a. Kesimpulan merupakan pernyataan singkat dan tepat yang dijabarkan dari hasil penelitian dan pembahasan untuk membuktikan hipotesis.
b. Saran dibuat berdasarkan pengalaman dan pertimbangan penulis, ditujukan kepada para peneliti dan bidang sejenis. Saran tidak merupakan suatu keharusan.

6. Ringkasan
Ringkasan memuat dengan lengkap, tetapi singkat, latar belakang, tinjauan pustaka, landasan teori, dan cara penelitian dan hasilnya. Ringkasan lebih luas dari intisari.

III. Bagian Akhir

1. Daftar Pustaka
Daftar pustaka hanya memuat pustaka yang dipacu dalam tesis, dan disusun kebawah menurut abjad nama akhir penulis pertama. Buku dan majalah tidak dibedakan, kecuali penyusunannya kekanan yaitu:
a. Buku: nama penulis, tahun terbit, judul buku, jilid, terbitan ke, nomer halaman yang diacu (kecuali kalau seluruh buku), nama penerbit dan kotanya.
b. Majalah: nama penulis, tahun terbit, judul tulisan, nama majalah dengan singkatan resminya, jilid, nomer halamannya diacu.

2. Lampiran
Lampiran dipakai untuk menempatkan data atau keterangnan lain yang berfungsi untuk melengkapi uraian yang telah disajikan dalam Bagian Utama diatas.

Kembali


AKADEMIK
BANK

BCA
No. Rek. (2443123768) a.n Yayasan Sekolah Tinggi Theologia IMAN Bank BCA Pluit Kencana

KEEP UPDATED
           
LOCATION
Jl. Wijaya I No. 29 - 31
Petogogan, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan
(021) 720-3040, 725-3446 (jam kerja)
email: cs@sttiman.ac.id/sttiman@yahoo.com
Berafiliasi dengan
Gereja Santapan Rohani Indonesia
© Sekolah Tinggi Teologi Iman Jakarta